*BintangTi:”… Shalat yukk …”

24 Jul 2010

Tersebutlah seorang sobat dblogers, dia meng-apresiasi-kan dirinya dengan nama maya - bintangtimur - (ini avatarnya ). … Hihihi … saya menyebutnya dengan panggilan … BintangTi … :P … tulisannya selalu menyejukkan dan … bernas sangat … plus menggelitik hati … beliau isteri seorang komandan tentara, pasangan yang sangat harmonis dan rendah hati.

KemarenBintangTi, komens pada blogku

(pada postingan … ini neehh) … :lol:

http://abrus.blogdetik.com/2010/07/20/besr-vs-mha-besr/

1. bintangtimur : Abrus Ssst, saya sholat dulu ya, soalnya udah wudhu nih :D

Saya tersedakk beliau seolah-olah mengingatkan : Heii, abrus … sudah shalat apa belum?” Beruntun deh … komen sobat lain yang ngebahas tentang shalat … lihat aja tuww:P

2. erryandriyati : “… diriku jadi malu hati selama ini shalat nya masih suka kurang khidmat dan kadang terburu buru…”

3. Ria Nugroho : “Shalat tempat kita bisa curhat dengan Allah SWT…”

4. yuniarinukti : “Aduhhh … Sholatku aja masih sering bolong2.. dan lagi Shubuh jadi Subha alias Subuh plus Dhuha

Itulah temans yuk, kita bersama-sama ngebahas *$halat :)

Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa menjaga shalat, niscaya diberkahi Allah SWT dengan 5 perkara yaitu : 1. Allah menghilangkan kesempitan hidupnya; 2. Allah menghilangkan siksa kubur darinya; 3. Allah memberikan catatan amal dgn tangan kanannya; 4. Dia akan melewati jembatan (shirat bagaikan kilat); 5. Masuk surga … (dari dblogers Dewi Yana, tentang Jangan Meninggalkan Shalat … http://jalandakwahbersama.blogdetik.com

Sabda Rasulullah SAW itu jelas jadi pegangan namun ada fakta diantara kita berkata, tatkala azan Subuh berkumandang banyak orang yang menyikapinya dengan 3T, yaitu : 1. Tarik Selimut, 2. Tutup Telinga, 3. Tidur terus. Hal ini juga terkadang dilakukan oleh orang-orang yang bertetangga dengan masjid.

Sebagai manusia biasa, mari kita bahas dengan ikhlas masalah 3T itu … terkadang menghantui waktu subuh kita. Tak jarang terjadi komplik bathin yang membuat hati menjadi haru biru karena ketidak mampuan melawan godaan.

Kini kita buka tabir 3T itu … :D

“T” pertama … Tarik selimut, memang jalan yang paling cepat untuk mengatasi kedinginan dipagi buta bagi yang ingin tidur nyenyak, apalagi diluar udara masih dingin. Dalam keadaan seperti itu aktifitas yang paling nyaman adalah meringkuk dibawah selimut dan sangat menyenangkan dari pada bangun. Namun bagi yang beriman sikap manusia terlelap tidur adalah lalai, tidak memenuhi panggilan azan Subuh yang selalu menggetarkan kalbu. Tarik selimut identik dengan sikap awal lalai dalam ibadah.

“T” kedua …Tutup telinga, tidak mendengar panggilan azan Subuh yang selalu menggetarkan kalbu, tidak mengalirkan apa-apa kedalam hati yang lalai. Hati nurani yang tidur, tidak akan menghasilkan apa2 karena akal buntu, jelas tidak membuahkan pikiran yang bernas. Bagi yang beriman, pikirannya bernas dan yakin bahwa : Shalat itu lebih baik dari pada tidur! Shalat itu lebih baik dari pada tidur! Suara suci itu merasuk lembut ke dalam relung hati nurani yang telah dipenuhi keagungan asma Allah SWT. Suara takbir membuka telinga alam semesta, para penghuni bergegas bangun, semua ikut bertakbir kecuali yang tidur terus.

“T” ketiga … Tidur terus, tidak mendengar suara takbir, terbuai mimpi-mimpi godaan iblis, menuruti kemauan hawa nafsu belaka. Tidak demikian bagi yang beriman, ia tetap menjaga akalnya. Akalnya tetap melahirkan pikiran bernas, ia sadar bahwa tidak ada sedikitpun kepentingan Allah SWT memaksa orang tidur, ikut mengumandangkan takbir. Mau tidur terus, menjadi orang yang lalai atau bangun dari tidur, menjadi orang yang beriman, terserah!

3T tadi … akan sirna … bila berpegang teguh pada : … :P

* Sabda Rasulullah SAW akan membuka mata hati kita, diantaranya bahwa :

1. Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya dan Subuh. Padahal, seandainya mereka tahu betapa besar nilai Shalat Subuh & Isya berjamaah, niscaya mereka akan datang ke masjid meskipun dengan merangkak.( HR Ahmad ).

2. Barangsiapa shalat Isya berjamaah (di masjid) maka seolah-olah ia sholat separoh malam dan barangsiapa shalat Subuh berjamaah (di masjid) maka seolah-olah ia sholat sepanjang malam. (HR Muslim).

Subhanallah … separoh malam = 5 jam = 300 menit … dan … sepanjang malam = 10 jam = 600 menit … artinya … kita shalat terus menerus selama 15 jam atau 900 menit … berapa besar pahalanya?! Silahkan hitung sendiri-sendiri … ;) … Namun, hanya Dia Yang Maha Tahu, kita serahkan pada-Nya.

Itulah temans, bermula dari komens sobat-sobat … Bintangtimur, erryandriyati, Ria Nugroho dan yuniarinukti yang berbuahkan … tela’ah sederhana perihal Shalat … ;)

Tela’ah ini menjadi cambuk bagi diriku … yang belum tentu baik

Sehingga berobah … menjadi lebih baik. Semoga! :P

***

PS : Kembali saya berdoa’ - Ya Rab … Kebenaran dari Engkau Ya Allah kalau ada kesalahan dari postingan ini itu pasti dari saya Ya Allah, Mohon ampunan-Mu ..! Amin Ya Rabbal Alamin..!

***


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post